Yang namanya setelah UN bagi para siswa SMK/SMA/MA, pasti memiliki 2 pilihan. Mau kerja atau mau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Entah karena kemauan sendiri atau dorongan orang tua. Kedua hal tersebut sama-sama baik. Mungkin sebagian dari mereka ada yang bingung mau kemana lagi untuk mengejar masa depan mereka. Mereka pasti akan dihadapkan pada beberapa pilihan. Nah pada kesempatan kali ini saya mau membagikan tips memilih universitas ataupun perguruan tinggi bagi mereka yang ingin melanjutkan sekolah. Sebaiknya pikirkanlah dengan baik dan matang untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. jangan terburu-buru  dan harus terencana dengan baik. Namun jangan bingung untuk memilih universitas yang dituju, berikut tips memilih perguruan tinggi.

Tentukan Kota Tujuan Yang Sesuai

Ini yang paling penting menurut saya, kenapa ? Karena bagi saya, suasana kota itu sangat diperlukan, yang kuliah kan kita, bukan orang lain. jadi kita sendiri lah yang menentukan kota mana yang kita mau. Masing-masing kota memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tentu tergantung bagaimana masing-masing orang menilainya. Kalau saya pribadi, saya memilih kota yang aman jika ingin memilih luar kota  ataupun kota tempat tinggal saya jika orang tua saya tidak mengizinkan saya kuliah di luar kota. Dan menurut saya Jogja merupakan kota yang cocok untuk pelajar dan orang-orangnya baik dan terpelajar. Namun untuk pilihan universitas yang ada di jakarta saya memilih yang berbasiskan Islam.

Tentukan Universitas Tujuan Anda

Setelah menentukan kota tujuannya, kamu harus mengetahui kemana kamu melanjutkan. Universitas Indonesia ? Unpad ? UGM ? Undip ? Unair ? ITB ? ITS ? IT Telkom ? UPN Jogja ? UII Jogja ? Universitas Trisakti ? Binus University ? UPH ? Unibraw ? Uncen ? UIR ? Itu adalah rekomendasi universitas terbaik saat ini di Indonesia.

Tentu saja, setelah menentukan kota berarti kita sudah punya bayangan ada universitas apa saja di kota tersebut. Kalau menurut saya, pilih lebih dari satu kota tujuan kita, maksimal 3 biar kita punya banyak pilihan dan cadangan. Daripada nentuin cuma satu, eh gak lulus disitu, tinggal bengongnya aja hahaha.

Tentukan Minat Anda

faktor utama tentu saja adalah minat. Kamu harus tau di bidang apa kamu berminat, kalau kamu suka biologi kamu bisa ke kedokteran ataupun ke pertanian. Kalau kamu suka fisika dan kimia kamu bisa ke teknik. Teknik kan terbagi banyak ya, kalau kamu sukannya dengan yang berbau fisika silahkan pilih jurusan seperti teknik industri, teknik elektro, teknik mesin ataupun informatika. Kalau kamu suka dengan kimia, kamu pilih aja teknik kimia, teknik geologi, ataupun perminyakan. Dalam memilih jurusan teknik, harap kamu memperhatikan prospek dari jurusannya. Kalau sekarang sih yang lagi dicari lulusan elektro dan geologi. Jika kamu dari sekolah kejuruan pilih yang sesuai kejuruan kalian misalnya manajemen bisnis ada akuntansi, administrasi perkantoran dan perbankan syariah.
Kamu masih bingung minat kamu apa ? sekarang coba sharing dengan senior kamu ataupun keluarga kamu. Jangan terlalu banyak, cukup dua atau tiga orang. Itu bakalan menambah wawasan kamu. Media internetpun tersedia dan kamu bisa browsing untuk mencari-cari info. Kemudian, kamu sesuaikan juga antara minat kamu, kemampuan kamu, dan passing grade jurusan yang kamu inginkan.

Biaya Yang Tersedia

Hmm.. ya mengertilah. kalo mau lanjut kuliah ke oversea tapi uang pas-pasan. Lebih baik di dalam negeri saja, nanti S2nya aja ke luar negeri sekalian nyari beasiswa. usahakan kalian mencari banyak beasiswa untuk membantu orang tua dan juga memikirkan adik-adik yang masih sekolah pasti memerlukan biaya yang besar.

Nah itulah tips memilih Universitas yang baik dari saya. Disini saya hanya menjelaskan memilih universitas. Bukan menjelaskan bagaimana masuk ke Universitas. untuk masuk universitas Yang pasti belajar keras, rajin berdoa, ditambah keberuntungan kamu bakal bisa memasuki universitas yang kamu inginkan. Masih bingung dengan minat kamu sendiri ? minta petunjuk pada Allah. Insya Allah kalian bisa, selamat mencoba.

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post