Sakit lever atau yang lebih dikenal dengan sebutan sakit kuning, bisa disembihkan dengan merebus buah sukun yang telah tua, dan air rebusan tersebut diminum penderita sakit lever, pagi, siang, dan malam hari, semakin banyak minum air rebusan sukun, semakin baik, dan lebih bijaksana jika si penderita mau menuruti agar jika mau minum dan haus, minumlah air rebusan sukun, niscaya penyakit levernya dalam 1 minggu sudah sembuh.
Cara mebuatnya adalah sukun dibelah menjadi empat potong, masukkan ke dalam panci, kemudian diberi air secukupnya dan rebus diatas api  sampai benar – benar mendidih. Setelah itu dinginkan dan air rebusan buah sukun inilah yang diberikan kepada penderita lever untuk meminumnya sebanyak mungkin.
Daun sukun juga dapat dipergunakan untuk menyembuhkan lever. Daun sukun yang sudah tua dan menguning diambil 20 helai, direbus di dalam  air sepanci, sampai mendidih, ini diberikan kepada penderita sakit lever, dalam waktu 1 minggu penyakit levernya sudah sembuh, khasiatnya sama dengan mempergunakan rebusan buah sukunnya.

Diambil dari Resep Pusaka Tradisional Madura

Post a Comment

Previous Post Next Post