Sendang Sani merupakan salah satu objek wisata di kota Pati. Warga Pati boleh bangga memiliki Sendang Sani karena lokasi ini memiliki sejarah yang sangat penting. Berikut asal mula terbentuknya Sendang Sani.

Pada suatu hari, Sunan Kalijaga dan Ki Rangga beserta para santrinya pada menuju padepokan Sunan Muria. Walaupun tempat yang dituju jauh, Sunan Kalijaga sepertinya tidak lelah sedikitpun. "Sepertinya sudah sampai Kabupaten Pati Pesantenan, sebentar lagi sampai padepokan Muria." kata Sunan Kalijaga kepada para murid-muridnya. 
Ketika waktu sholat dzuhur, Sunan Kalijaga mengajak berhenti di suatu tempat di bawah pohon besar, kemudian diperintahnya Ki Rangga supaya mencari air untuk wudlu. Ki Rangga dan temannya kebingungan sebab di tempat tersebut tidak ada air sama sekali. Melihat para murid - muridnya kebingungan mencari air, Sunan Kalijaga sambil tersenyum berkata, "Ki Rangga, alangkah baiknya kita semua meminta kepada Tuhan Semesta Alama. Kemudian jagalah pohon besar itu semoga saja ada sumber air yang mengalir. Tetapi ingatlah kejadian apa saja yang terjadi di sini, itu Kuasa Allah. Semuanya jangan sampai lupa jika ada kejadian apa saja, cepat-cepat memberi kabar kepadaku di belakang semak belukar ini!"

Ki Rangga beserta semua rombongan menunggu di bawah pohon besar itu hingga mereka tertidur. Setelah terbangun, mereka terkejut saat mengetahui bahwa baju mereka pada basah kuyup karena tempat itu sudah dipenuhi dengan air. Mereka begitu senang, hingga membuat Ki Rangga dan teman-temannya lupa dengan peringatan/ucapan Sunan Kalijaga. Ki Rangga dan teman-temannya mandi di sumber air tersebut.

Sunan Kalijaga kembali lagi menuju tempat itu. Melihat kelakuan Ki Rangga dan teman - temannya, Sunan Kalijaga tak sengaja berkata, "Ki Rangga masih ingat dengan pesanku? Apa saja yang terjadi di tempat ini kabarkan kepada aku. Jangan malah berenang seperti bulus."

Dengan sekejab tubuh Ki Rangga dan teman-temannya berubah wujud menjadi bulus. Sunan Kalijaga tidak jadi mengambil air wudlu. sebab airnya sudah kotor bekas Ki Rangga dan teman-temannya.

Sebab itulah tempat tersebut di beri nama atau di juluki SENDANG SANI  yang berasal dari kata Sendang = Mata Air, Sani = Sisani (bekas) akibat dari kejadian Sunan Kalijaga yang mengurungkan niatnya berwudlu sebab sudah bekas Ki Rangga.

Nah, itulah sejarah singkat tentang Sendang Sani, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Previous Post Next Post